20.5.08

Apologi kepada Tuhan



Terlepas dari segala kontroversi hari kebangkitan nasional, apakah tgl 20 mei ataukah 16 oktober. Jelasnya saya belum punya pengetahuan yang lebih untuk menetapkan bahwa tgl sekianlah sebaiknya harkitnas itu diperingati....apakah berangkat dari BU ataukah SI... yang jelas juga saya lebih suka membaca do'a dibawah ini yg diberi judul "Apologi kepada Tuhan". Kang Jalal mencoba menerjemahkan do'a al-i'tidzar dari Imam Ali Zainal Abidin seorang cucu Rasulullah. Namun, sebelumnya ada baiknya jika kita mengetahui 10 fakta versi Metro TV tentang fakta-fakta yg tak menyenangkan pasca reformasi. Terserah jika ada yg mau merefleksikannya pada 10 atau 100 tahun yg lalu...atau juga bahkan 103 tahun yg lalu.
10 fakta tak menyenangkan tersebut adalah :
  1. Harga sembako mahal
  2. Korupsi meningkat
  3. Angka kriminalitas wuihh tak terhingga
  4. Perekonomian tidak stabil
  5. Kerusuhan daerah meningkat
  6. Demontrasi pun luarrr biasa
  7. BBM langka dan mahal
  8. Sistem politik semrawutan
  9. Kebebasan berkehendak yg tidak bertanggung jawab (media massa, pers & penyiaran)
  10. Bertambahnya pengangguran
Ya Allah,
aku mohon ampun pada-Mu

dihadapanku ada orang yg dizalimi

aku tidak menolongnya


kepadaku ada orang berbuat baik

aku tidak berterima kasih kepadanya

orang bersalah meminta maaf kepadaku

aku tidak memaafkannya


orang susah memohon bantuan kepadaku

aku tidak menghiraukannya
ada hak orang mukmin dalam diriku

aku tidak memenuhinya


tampak didepanku aib Mukmin

aku tidak menyembunyikannya
dihadapkan kepadaku dosa

aku tidak menghindarinya


Ilahi,

aku mohon ampun dari semua kejelekan itu
dan yang sejenis dengan itu
aku sungguh menyesal

biarlah itu menjadi peringatan

agar aku tidak berbuat yang sama sesudahnya

penyesalanku atas segala kemaksiatan

tekadku untuk meninggalkan kedurhakaan
jadikan itu semua
tobat yang menarik kecintaan-Mu

Wahai Zat yang Mencintai
orang-orang yang bertobat !

Terlepas juga dari orang mau memberi judul 'apologi' or 'apologize'...jika saya dihadapkan pada dua pilihan kata ini, maka saya akan lebih tepat untuk memilih 'apologi'...karena saya masih dalam perjalanan menuju 'apologize'...

Amiien_

No comments: