16.5.08

v o l u n t e e r

adalah suatu predikat yang mencoba menjembatani sifat individual menjadi sosial. Dalam konteks kata 'jembatan' menyimpan makna-makna yang ideal. Biasanya ketiga kata tersebut (individual, sosial dan ideal) ditambahkan dengan isme. Mungkin biar bisa sedikit memperjelas 'jurang' antara orang yang bersekolah dan yang tidak sekolah. Substansinya adalah keikhlasan dan keterbukaan dalam bingkai kesatuan (baca: persaudaraan). Ketika subject menyandang predikat ini, tidaklah heran jika terkadang keluar dari koridor substansialnya. sungguh naif memang,...karena sangat susah untuk dijalani.

agar lebih melihat sisi realita dari substansi 'volunteer', berikut ada sedikit pengalaman saya yang mungkin hanya berceloteh tentang hal-hal yang pernah dirasakan sebelumnya hingga kini. Tanggal 14-16 mei 2007 (setahun yang lalu) saya pernah sedikit menimba 'ilmu' dari predikat volunteer. Indonesian Petroleum Association committe memberikan saya kesempatan untuk menjadi student volunteer pada kegiatan 31 Annual-nya di Jakarta Convention Centre. Hanya sedikit mengenang kebahagiaan pertama saat mengetahui kabar diterimanya di hari senin 02 april 2007. Emang tak terlukiskan kebahagiaan yang dirasakan. yah,...mungkin karena hanya saya yang beruntung sebagai siswa di Indonesia Timur untuk bersua dengan elemen-elemen yang terkait di dunia migas...sungguh bahagia memang...

kebahagiaan kedua adalah saat menerima T-shirt, tas saat hari pertama. Yang menjadi SV committenya adalah mas fitrix (dulu di cnnoc en sekarang di bp) dan mba maria (conoco). keduanya sangat smart...kemudian kebahagiaan ketiga adalah saat menerima pesangon...ngitung2 ini adalah hak jadi definisi ikhlas perlu direvisi pada predikat volunteer hehe...saya pernah berlagak ikhlas saat pak bob wikan (sv2006 committe) dan mas fitrix (sv2007 committe) memberikan envelope. saat itu saya pun berlagak ikhlas, namun ternyata keduanya mengatakan 'ya sudah kalo ngga mau ...' dan akhirnya saya mau juga ...hehehe ;)

kebahagiaan ter-special adalah saat berkenalan dengan sesama-sesama volunteer...dari Unsri, Unila, UI, Trisakti, ITB, UGM, ITS, UPN, Undip, Unpad, Unibraw, ...hal serupa juga pernah terjadi saat menjadi SV pada SEG event di tempat yang sama pada bulan 08 tahun 2006. Sungguh senang bisa berkenalan dengan mereka-mereka semua walaupun perkenalannya masih dalam tahap kenal nama dan almamater...satu yang pasti bahwa ada 'pesan' yang bisa dipetik dari yang namanya perkenalan, yaitu 'jangan menilai orang dari luarnya saja'...penting untuk memahami seorang teman atau sahabat untuk lebih memperkaya sifat pribadi pada diri. Sehingga nantinya derajat 'insani' bisa dicapai...susah memang,...tapi bisa jika kita mau belajar menerima perbedaan.

kebahagiaan tersembunyi adalah saat dimarahi oleh ibu Rini kusumastuti hehehe...itu saat menjadi sv2006. orangnya galak amat...tapi, sangat baik...baik dan baik...mungkin sedikit perfectionizt. Tapi,...sangat ramah saat beliau melihat saya kembali di sv2007. ternyata beliau masih kenal dan kemudian menyapa "eh,..kamu belum sarjana ?"...bellum bu, nanti jika paperku pernah termuat di IPA event baru mau sarjana (gumamku dalam hati, yuu capee deh...)

kesedihan yang sangat adalah ketika melihat banyaknya company di JCC. sumber daya ibu pertiwi di keruk oleh tamu-tamu yang serakah (tangis jiwa ini)...aku tak ingin mengabdi pada mereka (mungkin ???). Tapi,...

pemandangan yg tidak biasa ketika melihat banyak pengemis di setiap sudut JCC. mungkin saat itu hanya ilusi,... tapi seolah mata hati melihat mereka disana menangis, merintih,... sedangkan disatu sisi saya pun hunting dengan sesuatu yang menyenangkan dan membuat lupa.

ah ! idealisme kehidupan pun tercabik saat memasuki dunia kapitalis. hanya ini pesan yang ingin kusampaikan di zaman ini... zaman saat rakyat menangis kelaparan, saat nelayan tak mampu lagi memancing,...saat investasi lokal tidak berdaya atau saat menyaksikan ibu pertiwi ditusuk dari belakang melalui UU pengelolaan migas yang tidak menguntungkan negara.
sungguh ironiz,...be carefully

saya pun menjadi tidak ikhlas...tidak terbuka...tidak bersaudara...
pun tidak pada diri sendiri untuk bersahabat

"volunteer ??? ; jalan keikhlasan ataukah keriyaan ?"

semoga substansi predikat volunteer bisa dimaknai...Amiien

:dari ramlis untuk mengenang saat-saat indah menjadi volunteer

No comments: